Merdeka.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat, inklusi keuangan Indonesia terus mengalami peningkatan. Capaian tahun 2019 bahkan melampaui target yang telah dipatok. Anggota Dewan Komisioner OJK Bidang Edukasi Perlindungan Konsumen Tirta Segara dalam strategi nasional keuangan inklusif (SKNI) yang dicanangkan tahun 2016, target inklusi keuangan pada tahun ini dipatok sebesar 75 persen. Hasil survey terakhir OJK inklusi keuangan sudah melampaui target tersebut. Meskipun demikian, dia tidak memaparkan secara lebih rinci berapa persen tepatnya capaian inklusi keuangan di 2019. "Survey OJK target 75 persen tahun ini, Alhamdulillah telah terlampaui. Angka detail belum bisa kami sampaikan," kata dia, di Jakarta, Sabtu (19/10). Sementara untuk literasi pun mengalami peningkatan. Berdasarkan survei OJK capaian literasi di tahun 2019 juga melampaui target. "Literasi (target) 35 persen pada 2019, juga telah terlampaui. Ini lebih besar," ungkapnya. OJK bersama lembaga jasa keuangan, kata dia, akan terus mendorong peningkatan inklusi keuangan di Indonesia. Beberapa program yang dilaksanakan, yakni mengadakan pameran dan edukasi kepada masyarakat. Diharapkan dengan rangkaian kegiatan-kegiatan tersebut masyarakat semakin mengenal lembaga jasa keuangan formal dan mau mengaksesnya. "Jumlah lembaga jasa keuangan yang terlibat dalam pameran meningkat dari tahun sebelumnya 52 menjadi hampir 90 lembaga jasa keuangan. Berasal dari berbagai industri perbankan, asuransi, pasar modal, pegadaian hingga fintech peer to peer lending," tandasnya.

Merdeka.com - Harga bawang dan cabai di Pasar Jombang, Ciputat, Tangerang Selatan masih terpantau normal. Salah satu pedagang sayur, Sri Niatun mengatakan, harga bawang di pasaran Rp23.000 per kg dan harga cabai sebesar Rp50.000 per kg.
Dia menjelaskan, saat ini pasokan bawang dan cabai masih normal. Kenaikan harga di pedagang sayur bisa disebabkan oleh terjadinya keterlambatan pengiriman yang dapat memicu kenaikan harga di pasar.
"Biasanya kalo barang telat di pasar jadi naik," kata Sri kepada merdeka.com, Sabtu (19/10).
Namun untuk mensiasatinya pedagang menjual dengan harga biasa untuk berjaga-jaga apabila harga turun kembali lalu mendapatkan untung. Kenaikan ini terjadi selama kurang lebih satu minggu lalu kemudian normal kembali.
Berdasarkan data Info Pangan Jakarta, harga cabai merah keriting dibanderol Rp45.250 per kg, cabai merah besar Rp48.931 per kg, harga cabai rawit merah Rp54.431 per kg, dan cabai rawit hijau Rp39.840 per kg.
Sementara itu, harga bawang merah dibanderol Rp27.441 per kg, sedangkan harga bawang putih dibanderol Rp33.772 per kg.
Reporter Magang: Winda Ayu Lestari
Sumber:Merdeka.com
Share:

Recent Posts