Ini kata Ma'ruf Amin soal proyeksi pemulihan ekonomi Indonesia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan, pemulihan ekonomi nasional akibat dampak pandemi Covid-19 akan membutuhkan waktu yang panjang. Menurut dia, salah satu dampak pandemi yang akan segera terlihat yaitu meningkatnya kemiskinan dan ketimpangan. 

"Pemerintah secara konsisten melakukan serangkaian kebijakan dalam rangka penanganan dampak pandemi melalui Program Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, namun tidak dapat dipungkiri bahwa proses pemulihan akan membutuhkan waktu yang panjang," kata Ma'ruf dalam sambutan Musyawarah Nasional Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), Sabtu (23/1).

Berkaitan dengan kegiatan ekonomi dan keuangan syariah, Ma'ruf berpendapat kegiatan ekonomi umat muslim masih tertinggal sejak sebelum pandemi Covid-19 melanda. Kesenjangan masih begitu lebar. 
Maka, ia mengatakan bahwa saat ini berbagai pihak harus mampu melibatkan sebanyak-banyaknya lapisan umat terbawah untuk berpartisasi dalam kegiatan ekonomi. 
"Kegiatan ekonomi harus kita tumbuhkan dengan memanfaatkan berbagai peluang yang ada. Dengan demikian pada gilirannya dapat mengurangi lebarnya kesenjangan di negara kita," tutur Ma'ruf Amin. 
Ma'ruf pun mengajak masyarakat serta pihak-pihak terkait memanfaatkan peluang ekonomi dan keuangan syariah untuk mendorong perekonomian Indonesia. 
Dia menyebutkan, Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia memiliki potensi yang besar untuk mengembangkan peran ekonomi dan keuangan syariah. 

Baca Juga: Isolasi mandiri corona di RS & hotel jadi tren, ini daftar tarif lengkap & lokasinya
"Dalam situasi saat ini, ekonomi dan keuangan syariah harus terus didorong untuk lebih dapat memainkan peran dalam perekonomian dan pemulihan ekonomi Indonesia," ujar Ma'ruf. (Tsarina Maharani)
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bicara Dampak Pandemi, Ma'ruf Amin: Pemulihan Ekonomi Butuh Waktu Panjang"
Selanjutnya: UPDATE Corona Indonesia, Sabtu (23/1): Bertambah 12.191 kasus baru, jaga jarak!
 
Editor: Tendi Mahadi
TAG:
pemulihan ekonomi Indonesia Pertumbuhan Ekonomi Indonesia




TERBARU
Kupon ORI019 hanya 5,57%, ini saran pakar obligasi Sucorinvest
Bagaimana prospek saham ANTM di tengah gugatan konsumen LM? Ini saran analis
Indonesia's coast guard seizes Iranian and Panamanian tankers
Gara-gara proyek infrastruktur, Tommy Soeharto gugat pemerintah RI, ini ceritanya
Pemerintah harus segera selesaikan komitmen investasi yang mandek

TERPOPULER
Tommy Soeharto gugat pemerintah Rp 56,6 miliar karena asetnya digusur tol Desari
Ingat besok PPKM Jawa dan Bali jilid II, begini aturan pembatasannya
Siap ladeni China, AS langsung kerahkan kapal induk ke Laut China Selatan
Ini progres proyek hilirisasi nikel Aneka Tambang (ANTM)
Simak rencana bisnis ANTM, TINS, PTBA di tahun ini


Share:

Arsip Blog

Recent Posts